Jumat, 05 Oktober 2012

Pariwisata

Pariwisata
Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pariwisata atau turisme adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan, dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini. Seorang wisatawan atau turis adalah seseorang yang melakukan perjalanan paling tidak sejauh 80 km (50 mil) dari rumahnya dengan tujuan rekreasi, merupakan definisi oleh Organisasi Pariwisata Dunia.
                                                                                                              
Menurut Undang Undang No. 10/2009
pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata yang didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, Pemerintah dan Pemerintah Daerah

Menurut A.J. Burkart dan S. Medik (1987)
Pariwisata adalah perpindahan orang untuk sementara dan dalam jangka waktu pendek ke tujuan- tujuan diluar tempat dimana mereka biasanya hlidup dan bekerja dan kegiatan-kegiatan mereka selama tinggal di tempat-tempat tujuan itu.
Menurut Hunziger dan krapf dari swiss dalam Grundriss Der Allgemeinen Femderverkehrslehre,
Pariwisata adalah keserluruhan jaringan dan gejala-gejala yang berkaitan dengan tinggalnya orang asing disuatu tempat dengan syarat orang tersebut tidak melakukan suatu pekerjaan yang penting (Major Activity) yang memberi keuntungan yang bersifat permanent maupun sementara.

Menurut Prof. Salah Wahab dalam Oka A Yoeti (1994, 116.).
Pariwisata dalah suatu aktivitas manusia yang dilakukan secara sadar yang mendapat pelayanan secara bergantian diantara orang-orang dalam suatu Negara itu sendiri/ diluar negeri, meliputi pendiaman orang-orang dari daerah lain untuk sementara waktu mencari kepuasan yang beraneka ragam dan berbeda dengan apa yang dialaminya, dimana ia memperoleh pekerjaan tetap.
KESIMPULAN :
            Pariwisata adalah suatu aktivitas/jalan-jalan manusia kesuatu tempat untuk beberapa hari dimana dengan melakukan kegiatan tersebut seseorang dapat merasakan kepuasan batin,untuk refreshing.atau pun untuk sekedar bersantai,bareng keluarga,teman,ataupun dengan rekan bisnis .yang disana terdapat sebuah fasilitas fasilitas yang di butuhkan oleh para wisatawannya.
Sumber:
. http://id.wikipedia.org/wiki/Pariwisata
Yoeti, Oka. A 1994. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung : Angkasa.
Ridjal D. Samsul, 1997. Peluang Pariwisata Mutiara Sumber Widya, Benih Kecerdasan.
Soekardijo R.G 1997. Anatomi Pariwisata (memahami Pariwisata Sebagai “systemic Lingkage). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
http://www.kebumen.go.id/data/program_daerah/sapta_pesona/saptapesona.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar