Jumat, 19 Oktober 2012

jurnalistik


Berita

HAJI 2012: Pemondokan jamaah Indonesia dinilai memadai



 
           


MAKKAH - Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Kementerian Agama RI Arsyad Hidayat meninjau salah satu pemondokan haji di wilayah Mahbas Jin, Makkah, yang letaknya kira-kira 2.500 meter dari Masjidil Haram dan jarak tersebut dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit."Inilah standard pemondokan jamaah haji Indonesia yang berjumlah 211.000 tahun ini," kata Arsyad saat memasuki kamar yang berisi lima dan delapan tempat tidur perorangan di gedung berkapasitas 400 sampai 500 orang itu, Senin. 

Ada juga pemondokan yang kapasitasnya mencapai 2.000, dan tiap kamar dilengkapi alat pendingin udara (air conditioning) dan sebagian juga dilengkapi kipas angin. Cuaca di Arab Saudi, Senin, 42 derajat celsius tertinggi dan 28 derajat celsius terendah. Namun kelembaban udara (humidity) mencapai 33%. Efek tingginya kelembaban udara itu, menurut pihak kesehatan haji, dapat menyebabkan bibir dan telapak kaki pecah-pecah. Sebagai perbandingan kelembaban udara Indonesia rata-rata 75%.

Makkah akan menerima kunjungan haji pertama direncanakan pada 30 September 2012. Gelombang awal haji Indonesia yang kelompok terbang (kloter) pertama dilepas Menteri Agama Surya Dharma Ali pada 21 September 2012, diarahkan ke Madinah dulu sebelum ke Makkah.Sedangkan gelombang akhir haji dari Indonesia akan langsung menuju Makkah dan setelah ritual haji seperti wukuf di Arafah selesai, maka rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Madinah. Menjelang wukuf, seluruh jamaah haji, termasuk asal Indonesia, harus sudah berada di Makkah. 

Puncak pelaksanaan ibadah haji itulah yang menuntut 400-an petugas haji di bawah koordinasi Arsyad kini sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan, baik pemondokan, kesehatan, transport, catering, bimbingan ibadah dan keamanan bagi kelancaran penyelenggaraan ibadah tahunan yang melibatkan sekitar dua juta jiwa dari seluruh dunia itu.Selain Daker Makkah, dua daker yang jumlah personilnya lebih kecil, masing-masing Daker Jeddah dan Daker Madinah, juga dibentuk Kementerian Agama dalam membantu pelayanan rukum Islam ke-lima tersebut. Para petugas di 11 Sektor di bawah koordinasi Daker Makkah, kini sedang merampungkan finalisasi jaminan keadaan dalam menyambut kedatangan tamu-tamu Allah tersebut. (Antara/faa)
http://www.bisnis.com/articles/haji-2012-pemondokan-jamaah-indonesia-dinilai-memadai



Peristiwa

TransJakarta Tabrak Bocah


Banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi di Jakarta yang disebabkan oleh bus TransJakarta,kini banyak memakan korban,baik penyebrang jalan,maupun pengguna kendaraan bermotor,entah siapa yang salah,tetapi ini semua disebab kan kelalaian pejalan kaki,pengguna motor ataupun supir busway tersebut, ketidaksabaran dalam berkendaraan pasti akan berdampak yang akan meyulitkan orang lain,jadi bersabarlah dalam berkendaraan,nyebrang jalan ataupun dalam berkemudi di jaln raya,
Jum'at, 13 Juli 2012, 13:38 Elin Yunita Kristanti, Siti Ruqoyah 

Add caption


Busway hancur diamuk massa (VIVAnews/Dwifantya)
VIVAnews - Kecelakaan yang melibatkan Bus TransJakarta kembali terjadi, Jumat 13 Juli 2012. Sebuah busway yang melaju dari arah Kuningan menuju Ragunan menabrak seorang anak kecil di kawasan Warung Buncit, Mampang, Jakarta Selatan. Persisnya di depan pom bensin Shell.Insiden tabrakan terjadi sekitar pukul 11.30 Waktu Indonesia Barat. Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari lokasi kejadian diketahui, kecelakaan diawali seorang ibu dan anak yang menyeberang di jalur TransJakarta.

Karena melihat bus yang melaju dengan cepat, ibu itu cepat-cepat menyeberang, meninggalkan anaknya yang berusia sekitar 9 tahun di belakang. Salah satu warga, Roni (35) mengatakan, karena melihat ibunya menyeberang, anak malang itu ikut-ikutan menyeberang, tanpa mengetahui ada bus Transjakarta yang sedang melaju."Ibunya nyebrang duluan, lalu anaknya ikutan menyebrang dan saat itu juga tertabrak lalu ditemukan berlumur darah. Anak itu lalu dibawa ke RSCM," ujar Rino, Jumat 13 Juli 2012. Belum diketahui identitas ibu dan anak tersebut.Warga yang mengetahui insiden itu mengamuk. Bus jadi sasaran. Hampir semua bagian angkutan massal itu hancur: kaca, setir mobil, ban, juga pintu bus. Untung, para pemumpang yang panik sempat ke luar dari bus itu.

Sementara, Roni melanjutkan, supir bus Transjakarta dengan nomor polisi B 7050 IX menyelamatkan diri saat warga mulai mendatangi busnya. "Ini nyawa orang, masa kita biarkan," kata dia, beralasan. Sekitar 10 orang polisi yang berjaga di tempat kejadian belum melakukan tindakan apapun, sebab warga semakin banyak dan mendatangi bus tersebut.Insiden tersebut menyebabkan lalu lintas padat. Nyaris macet total. (umi)


 Fenomena 

Kota Subulussalam Diguyur Hujan Es

Lagi, Subulussalam Diguyur Hujan Es
Rabu, 8 Februari 2012 16:08 WIB

Pernahkah terjadi di kota anda hujan es batu sebelumnya? ini terjadi di naggroe aceh darusalam,beberapa waktu lalu,tepatnya di Kota Subulussalam.Warga Kota Subulussalam kembali dihebohkan dengan turunnya hujan es, Rabu (8/2/2012) sore. Fenomena hujan yang disertai butiran es batu sebesar kerikil tersebut terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Subulussalam diwarnai dengan turunnya butiran es sebesar kerikil.

Angin kencang dan sambaran petir yang menggelegar membuat sejumlah warga takut keluar rumah. Salah seorang warga, Ny. Lina, kepada Serambinews.com mengatakan, hujan butiran es batu tersebut merupakan yang ketika kalinya dalam bulan ini. Sebelumnya, hujan es disertai angina kencang juga melanda daerah ini pada Rabu (1/2/2012) dan Sabtu (4/2/2012) lalu.

Dikatakan, pada awalnya hujan turun biasa namun tidak lama kemudian angina kencang melanda dan disusul turunnya butiran es. "Selang beberapa menit tiba-tiba ada suara krentang krenteng di atap seng, saya pikir ada yang lembar batu krikil taunya turun hujan es,” kata Lina seraya mengatakan tidak tahu fenomena hujan es tersebut. Selain hujan es, sejumlah seng rumah penduduk beterbangan. Sebelumnya, puluhan rumah penduduk di Subulussalam disapu putting beling.
Bagaimana khawatirkah anda dengan fenomena tersebut?jika tidak ingin terjadi lagi fenomena tersebut Mari jagalah bumi kita dengan bersama-sama dengan mencegah terjadinya global warming.

http://aceh.tribun news.com/2012/02/08/lagi-subulussalam-diguyur-hujan-es


Tidak ada komentar:

Posting Komentar